3 May 2024 - 08:17 8:17

Selama Pandemi, Angka Kriminalitas di India Melonjak

WartaPenaNews, Jakarta – Janaki Devi baru saja berjalan-jalan pada suatu pagi di dekat sebuah taman di New Delhi selatan, ketika tiba-tiba dua pemuda dengan sepeda motor berhenti di dekatnya, lantas merenggut paksa kalung emas yang melingkar di lehernya.

“Semuanya terjadi begitu cepat. Ketika saya sadar apa yang terjadi, mereka sudah pergi,” ujar ibu rumah tangga berusia 50 tahun itu kepada DW. Meski dijambret, Devi bisa dibilang beruntung. Dengan bantuan rekaman kamera pengintai, polisi dapat menangkap penjambret tersebut. Keduanya berstatus pelajar, tanpa catatan kriminal sebelumnya.

Di India, meningkatnya angka kejahatan di jalanan telah meningkat pesat, utamanya sejak pemerintah mulai melonggarkan peraturan lockdown virus corona bulan lalu.

Peningkatan angka pengangguran memperburuk keadaan

Pandemi ini juga membuat ekonomi India babak-belur. Banyak perusahaan telah memecat staf, dan sektor informal juga mengalami krisis.

Para ahli mengatakan bahwa meningkatnya pengangguran selama krisis corona dapat mendorong banyak orang melakukan kejahatan, terutama kaum muda. Dalam sebuah kasus, dua mantan manajer restoran dan karyawan sebuah toko material dinyatakan bersalah karena telah mencuri ponsel dan perhiasan.

“Baru saja terjadi perampokan terhadap seorang kurir makanan di sini,” ujar seorang petugas polisi R.P. Meena dalam perbincangan dengan DW. “Dalam banyak kasus, pelakunya adalah orang-orang berpendidikan yang sebelumnya tidak punya catatan kriminal. Ketika ditanya, mereka mengatakan tidak punya pekerjaan. Mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.”

India melaporkan lebih dari satu juta infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab wabah Covid-19 terjadi di negaranya. Lebih dari 25.000 orang telah meninggal karena penyakit yang berkaitan dengan virus tersebut. Negara ini mencatatkan infeksi terbanyak ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Brasil. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 06:27
Ruben Onsu Digugat Perdata oleh Istrinya

WARTAPENANEWS.COM – Ruben Onsu melalui kuasa hukumnya, Minola Sebayang, menanggapi rumor yang mengatakan sang presenter digugat perdata oleh istrinya, Sarwendah Tan, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sang pengacara mengaku, belum

01
|
3 May 2024 - 06:06
Timnas Indonesia U-23 Tumbang dari Irak U-23, 1-2

WARTAPENANEWS.COM – Reaksi pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, usai timnya tumbang 1-2 dari Irak U-23 dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 menarik diulas. Shin Tae-yong turut

02
|
2 May 2024 - 22:23
Sharp Purefit Menorehkan Prestasi di Ajang Paling Bergengsi Kelas Dunia iF Design 2024

WARTAPENANEWS.COM –  Meningkatnya permintaan pasar akan sebuah produk penjernih udara, melatarbelakangi Sharp untuk terus melakukan inovasi produk agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dunia akan sebuah produk penjernih udara yang tidak hanya

03