Seluruh Fraksi Sepakat Pilih Bamsoet Jadi Ketua MPR RI

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta, WartaPenaNews.com – Bambang Soesatyo akhirnya terpilih menjadi Ketua MPR RI periode 2019-2024. Dia terpilih secara aklamasi dalam pemilhan yang berlangsung pada Kamia (3/10) malam. Seluruh anggota MPR yang hadir menyatakan setuju dengan penetapan ini.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Bamsoet akan diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Mahkamah Agung dalam sidang paripurna.

Bamsoet didukung 9 fraksi termasuk Gerindra yang menyatakan sepakat bermusyawarah mufakat. Kelompok DPD juga menyatakan dukungan untuk Bambang Soesatyo.

Sebelumnya, Gerindra mengusulkan Ahmad Muzani untuk menjadi Ketua MPR. Namun mayoritas fraksi termasuk DPD memberikan suara kepada Bambang Soesatyo. Hingga pada akhirnya partai besutan Prabowo Subianto ini legawa melepas kursi Ketua MPR dan sepakat mendukung Bambang Soesatyo memimpin lembaga itu.

“Kami fraksi Partai Gerindra sudah sepakat dan setuju mengusung Pak Bambang Soesatyo ketua MPR RI periode 2019-2024,” kata Ketua Fraksi Gerindra di MPR Ahmad Riza Patria saat sidang paripurna di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Riza menambahkan, dipilihnya Bambang Soesatyo untuk kepentingan lebih besar dan persatuan. Fraksinya juga mengedepankan musyawarah mufakat dan hasil konsultasi Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Prabowo dan Megawati sepakat untuk kepentingan lebih besar, kami sepakat menjaga MPR dalam forum musyawarah dalam memutuskan kebijakan penting,” terangnya.

Rapat Konsultasi
Sebelum penetapan Ketua MPR, rapat paripurna sempat diskors kurang lebih selama satu jam. Setelah melakukan berbagai lobi dan konsultasi dengan Prabowo Subianto, Fraksi Gerindra akhirnya mendukung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR. Setelah keputusan itu diambil, paripurna kembali dibuka.

Riza mengatakan, keputusan untuk mendukung Bambang Soesatyo sebagai pimpinan lembaga MPR melalui musyawarah diambil setelah Prabowo berkonsultasi dengan Ketum Megawati.

“Bapak Prabowo dan Ibu megawati bersepakat untuk kepentingan yang lebih besar, kami bersepakat menjaga lembaga MPR ini dalam forum-forum musyawarah dan memutuskan kebijakan-kebijakan penting dalam musyawarah mufakat,” ujar Riza.

Kemudian, pimpinan sidang Abdul Wahab Dalimunte lalu memastikan apakah itu berarti Gerindra mendukung Bamsoet jadi Ketua MPR. Riza lalu memberi penegasan.

“Dalam kesempatan ini apakah fraksi sudah setuju untuk Bamsoet sebagai Ketua MPR?” tanya Abdul Wahab.

“Kami fraksi Gerindra sudah sepakat, setuju mengusung Bambang Soesatyo,” ujar Riza yang disambut tepuk tangan para peserta rapat. (rob)