Stress, Salah Satu Pemicu Penyakit Jantung

Ilustrasi Stres Foto: EUROIMMUNBlog

WartaPenaNews, Jakarta – Walau belum ada pernyataan resmi dari dokter atau keluarga mengenai penyebab kematian Ashraf Sinclair. Namun ditengarai, alm meninggal karena serangan jantung di pagi hari.

Kepergian yang mendadak tanpa didahului keluhan atau penyakit penyerta, sangat mengagetkan Bunga Citra Lestari (Unge), isteri, keluarga besar dan banyak orang. Bagaimana tidak?, Ashraf dikenal sebagai seleb yang tidak memiliki keluhan penyakit degeneratif, penganut gaya hidup sehat, senang berolahraga dan jalani pola makan yang benar, jadi kemungkinan kecil harus berpulang diusia yang relatif muda.

Namun, faktanya berbeda. Ashraf meninggal dalam usia muda serta dalam kondisi terlihat sangat fit, seperti yang dituturkan oleh rekan bisnis olahraga CrossFit, yang melakukan olahraga bersama, malam sebelum dia meninggal.

Ditengarai, penyakit jantung yang dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Minuman Khas Bengkulu Dingin dan Hangat

Seimbangkan Aktifitas Fisik dengan Istirahat

Penyakit menakutkan, karena berisiko kematian, memiliki tren penderita yang mulai bergeser. Jika beberapa tahun lalu penderitanya berasal dari kelompok usia lanjut, kini menyasar ke kelompok usia muda. Dari 30 hingga 40 tahun.

Publik tentu tidak akan melupakan seleb pria yang meninggal karena penyakit jantung dari rentang usia 31 tahun hingga 45 tahun!

Sejatinya tubuh rentan dari beragam faktor risiko yang disebabkan oleh gaya hidup penyebab penyakit jantung. Salah satunya stress, yang lekat dengan keseharian kita.

Di masa sekarang, di mana hidup menjadi semacam kompetisi, orang lupa dan berlomba-lomba untuk mensejahterakan dirinya dengan porsi tanpa batas. Bagi selebritis, populer istilah kejar setor, aji mumpung dengan mengambil banyak pekerjaan, serta melakukan gaya hidup yang tidak sehat, diantaranya menyedikitkan waktu untuk istirahat.

Flashback sebelum Ashraf meninggal, sepulang dari berpergian ke New York, beragam aktifitas yang sangat padat harus dilakukan. Selain, Ashraf memiliki banyak bisnis dan mengurusnya langsung. Diantaranya managemen aktris, kebugaran, kuliner hingga kecantikan.

Berbisnis tentunya menghadirkan beragam permasalahan dan bermuara ke stress. Bukan untuk menyatakan Ashraf mengalami, tapi menegaskan bahwa kehidupan alm dekat dengan stress.

Stress Erat Kaitannya Dengan Jantung

Ketika stress, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin yang membuat tubuh terjaga. Ketika masuk ke aliran darah, hormon adrenalin akan merangsang jantung berdetak lebih cepat serta bekerja lebih keras. Kewaspadaan akan meningkat, meningkatkan aliran darah ke otot, meningkatkan metabolisme gula. Serta membuat perubahan lain, guna mempersiapkan tubuh dalam menghadapi keadaan darurat.

Jika tubuh terus melepaskan hormon adrenalin, maka jantung akan terbebani serta pembuluh darah akan bekerja lebih berat dari biasanya. Apalagi jika ditambah dengan tekanan darah tinggi, jantung akan semakin terpacu untuk bekerja lebih keras.

Karenanya, penting bagi Anda untuk mengelola stress dengan baik.

Tips Managemen Stress

Stress tidak bisa dihindari. Saran bijak ahli, kelola dengan baik agar tidak berdampak ke kehidupan anda.

1. Bekali Diri Dengan Iman.

Bahwa segala sesuatunya harus sesuai dengan porsi yang telah ditentukan oleh ajaran agama. Boleh-boleh saja ingin kaya raya, tapi ingat kembali ke porsi sewajarnya. Mampukah Anda untuk mewujudkannya? Atau harus ngoyo tanpa memperdulikan kondisi tubuh dan pikiran?

2. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Agar tubuh dan pikiran tidak rentan terserang penyakit, konsumsi menu seimbang sesuai kebutuhan, olahraga secara rutin, cukup istirahat, tidak merokok dan meminum alkohol.

3. Kerja Cerdas

Bekerja dengan waktu yang telah dibatasi. Usahakan untuk tidak sering lembur. Lakukan manajemen waktu dan pembagian jam kerja yang benar dan masuk akal.

4. Punya Teman “berbagi” yang Amanah.

Ketika sedang menghadapi masalah, Anda butuh teman curhat yang mampu memberikan saran dan pencerahan untuk mengatasi permasalahan tersebut, serta amanah dengan tidak mengumbar ke orang lain.

5. Berbagi Kasih

Selain uang atau barang, Anda bisa melakukan berbagi dengan melakukan banyak hal-hal positif seperti menolong orang atau hewan, menyingkirkan pecahan kaca, batu di jalan.

6. Lakukan Hobi

Orang yang melakukan hobi atau kegiatan yang disukai lebih cenderung untuk tidak stress. Selain mendatangkan bahagia, detak jantung menjadi lebih stabil dan membuat pikiran merasa tenang. (bud)