20 May 2024 - 00:58 0:58

Suhu Udara di Karimun Capai 33 Derajat Celsius

wartapenanews.com – Suhu udara di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, terasa lebih panas dari biasanya. Kondisi itu sudah terjadi dalam beberapa waktu belakangan, dengan suhu berkisar 33.7 °C.

Dari keterangan BMKG Raja Haji Abdullah Karimun, suhu panas yang terjadi saat ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Diantaranya adalah karena posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator, yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

Dimana, tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

“Untuk Kepulauan Riau sendiri khususnya Karimun, posisinya berada di wilayah utara dan berdekatan dengan garis ekuator, sehingga pengaruh dari posisi semu matahari tersebut yang mengakibatkan dominasi cuaca cerah dan tingkat perawanan yang rendah juga di rasakan di Karimun,” kata Observer BMKG Raja Haji Abdulah Karimun, Younggy H.M Hutabarat, Jumat (13/5/2022).

Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut, dapat mengoptimumkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi.

Untuk suhu maksimum di Karimun, sesuai pengamatan yang dilakukan oleh BMKG Karimun pada tanggal 1-13 Mei 2022 adalah berkisar antara 30,5 °C- 33.7 °C

“Sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari,” kata Younggy. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03