20 May 2024 - 04:34 4:34

Tahun Baru Islam, Heru Ajak Umat Islam Teladani Nabi Muhammad SAW

IPOL.ID-Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak masyarakat, khususnya umat Islam di Jakarta, untuk terus menjalankan semangat hijrah Nabi Muhammad saw. dengan meningkatkan etos kerja, kesalehan individu, dan sosial.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, pada Selasa (18/7).
“Peringatan Tahun Baru Islam yang jatuh setiap tanggal 1 Muharam adalah momen yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Momen ini mengingatkan seluruh muslim atas peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw. dari kota Mekkah ke Madinah, yang menjadi tonggak penting dalam sejarah umat Islam. Dengan semangat yang tak pernah lelah, kita akan mampu membangun kota ini menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” ujar Pj. Gubernur Heru.
Mencontoh teladan tersebut, sambung Pj. Gubernur Heru, pada saat ini pun Jakarta berhijrah dan berbenah diri dengan mengubah pola pikir, meningkatkan moral, serta upaya berkelanjutan dalam membangun kota, seperti melaksanakan ragam upaya mengatasi kemiskinan ekstrem dan stunting, hingga menata kota yang lebih ramah lingkungan.
“Sebagai penghayatan dari nilai-nilai hijrah tersebut, penting bagi kita untuk meningkatkan kesalehan individual dan sosial. Hal ini mencakup peningkatan jumlah dan kualitas ibadah, serta pengembangan diri, sambil meningkatkan kepedulian sosial kepada sesama,” tambahnya.
Ia juga menuturkan, proses tersebut dapat dimulai dari lingkungan terdekat masing- masing. Terlebih, jika dilakukan secara konsisten, akan memberikan dampak positif bagi masyarakat DKI Jakarta secara keseluruhan.

Sementara itu, Plt. Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Setda DKI Jakarta Widyastuti menuturkan, peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta digelar dengan berbagai acara, seperti santunan anak yatim, talkshow dari Baznas DKI Jakarta, dan pameran produk halal yang didukung Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta.

“Melalui Dewan Masjid Indonesia, kami juga menyerukan kepada pengurus masjid untuk menyemarakkan peringatan Tahun Baru Islam ini dengan kegiatan positif di setiap wilayah Jakarta,” ujarnya.(Sofian)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03