26 April 2024 - 19:33 19:33

Tips Latih Kesabaran Ajari Anak Belajar Online

WartaPenaNews, Jakarta – Kasus pembunuhan terhadap seorang anak berusia 8 tahun yang dilakukan oleh ibu kandungnya sendiri di Lebak, Banten, mengejutkan banyak orang. Pelaku berinisial LH mengaku tega melakukannya lantaran kesal saat ajari anak belajar online.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Lebak AKP David Adhi Kusuma mengatakan, rasa kesal tersebut membuat LH naik pitam dan menganiaya anaknya hingga meninggal dunia.

“Ibu kandungya itu melakukan pemukulan lebih dari lima kali hingga anaknya Keysya Safiyah kelas I SD meninggal dunia,” kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Lebak Ajun Komisaris David Adhi Kusuma di Lebak.

Terkait kesulitan anak selama proses belajar virtual di tengah pandemi ini, menurut Psikolog Sani Budiantini, tiap anak memiliki proses belajar yang berbeda.

Pada beberapa anak, terdapat kesulitan saat belajar secara virtual tersebut lantaran tak memahami penjelasannya.

“Anak dengan gaya belajar visual sulit memahami PJJ dan harus didampingi untuk memahami instruksi atau penjelasan guru. Anak yang belum siap belajar mandiri jadi stress karena tugas menumpuk dan ada sebagian anak justru lebih seneng bermain karena pengawasan kurang,” paparnya.

Bagi orang tua, hal itu mungkin kerap dianggap sebagai tantangan maupun beban. Bahkan, bagi sebagian orang tua yang kewalahan, bisa saja merasa hal itu sebagai petaka.

Tetapi pada dasarnya, emosi yang diatur dengan baik dapat membuat orang tua lebih sabar selama mendampingi anak belajar.

“Orang tua harus terlibat dalam pembelajaran anak, paling tidak memahami jadwal pelajaran anak. Berkomunikasi dengan guru untuk berdiskusi dan meminta saran dalam mendampingi anak. Jangan lupa juga tetap memberi perhatian dan affection agar secara emosi, anak lebih tenang,” tuturnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03