27 April 2024 - 07:13 7:13

Usai Upacara Kesaktian Pancasila, Jokowi dan Ma’ruf  Melihat Sumur Lubang Buaya

wartapenanews.com – Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin baru saja mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur. Ini menjadi upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pertama yang digelar secara tatap muka, setelah 2 tahun sebelumnya harus digelar secara virtual karena pandemi COVID-19.

Usai mengikuti rangkaian upacara, Jokowi dan Ma’ruf berjalan menuju sumur tempat para Pahlawan Revolusi yang tewas diletakkan.

Dipantau dari Youtube Kemendikbudristek, Jokowi dan Ma’ruf sempat mengheningkan cipta dan berdoa di depan sumur tersebut. Kemudian, Jokowi dan Ma’ruf mendengarkan penjelasan singkat mengenai sejarah sumur tersebut pada peristiwa G30S/PKI.

“Sumur ini memiliki kedalaman 12 meter dengan diameternya sekitar 75 centimeter. Sumur ini aslinya digunakan oleh si pemilik rumah ini untuk mengambil air untuk kebutuhan air sehari-hari,” kata salah satu prajurit TNI yang memandu Jokowi dan Ma’ruf, Sabtu (1/10).

Usai mendengarkan penjelasan tersebut, Jokowi dan Ma’ruf terlihat memandangi sumur. Kemudian pergi meninggalkan lokasi.

Sumur Lubang Buaya berlokasi di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Lokasi tersebut dinamai Lubang Buaya karena masyarakat sekitar mempercayai sebuah legenda yang menyebutkan ada banyak buaya putih yang hidup di dekat sungai kawasan tersebut. Para buaya itu juga membuat lubang sebagai tempat berkumpul.

Para Pahlawan Revolusi yang tewas dimasukkan ke dalam lubang tersebut. Mereka baru dievakuasi 3 hari setelah penculikan dan pembunuhan, dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Kini, di lokasi tersebut berdiri Lapangan Peringatan Lubang Buaya yang berisi Monumen Pancasila, sebuah museum hingga sumur kecil tempat para korban G30S PKI dibuang.

Selain itu, terdapat rumah yang menjadi tempat ketujuh pahlawan revolusi disiksa dan dibunuh. Ada pula mobil tua yang digunakan untuk mengangkut pahlawan revolusi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03