19 May 2024 - 21:45 21:45

Usia ke-40, BPKP Jadi Pelita Pengawalan Akuntabilitas di Indonesia

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh saat memimpin Upacara Hari Ulang Tahun ke-40 BPKP di lapangan kantor pusat BPKP, Jakarta Timur, Selasa (30/5) pagi. Foto: BPKP

IPOL.ID – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terus menjadi pelita bagi pemangku kepentingan dengan menghasilkan pengawasan berkualitas. Sehingga terpenuhi ekspektasi pengawalan keuangan dan pembangunan di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh bahwa diusia BPKP ke-40 tahun, kepercayaan dari pemangku kepentingan terus melesat.

Hal tersebut perlu dijadikan momentum untuk meningkatkan manfaat yang dihasilkan BPKP.

“Memperoleh kepercayaan itu sulit, namun menjaga kepercayaan jauh lebih sulit, tugas kita sekarang adalah menjaga kepercayaan yang telah diberikan pemangku kepentingan dengan menghasilkan pengawasan berkualitas,” kata Ateh kepada wartawan usai Upacara Hari Ulang Tahun ke-40 BPKP di lapangan kantor pusat BPKP, Jakarta Timur, Selasa (30/5).

Dia mengatakan, berkaca dari pengalaman beberapa tahun terakhir, akuntabilitas sektor publik rentan terdampak perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

Apalagi, sambung Ateh, saat ini telah memasuki tahap akhir periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Sehingga upaya pengawalan akuntabilitas harus dapat dilaksanakan sebaik-baiknya guna memastikan ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan.

“Untuk menghasilkan manfaat optimal dan menjawab ekspektasi para pemangku kepentingan, mutlak dibutuhkan upaya lebih dari seluruh elemen di BPKP,” ujar pria mengenakan batik merah corak lengan panjang itu.

Dirinya meyakini dan percaya BPKP bakal menjadi suar pengawalan akuntabilitas di Indonesia. BPKP sebagai auditor internal harus mampu menjadi penerang bagi para pemangku kepentingan dalam mengarungi gelombang dan badai yang dihadapi.

Selain itu, BPKP harus menjadi harapan bagi instansi pemerintah sebagai pemberi solusi atas permasalahan akuntabilitas yang dihadapi.

“Saya optimis BPKP dapat memenuhi ekspektasi terhadap pengawalan keuangan dan pembangunan di Indonesia serta BPKP sangat kapabel dalam menjawab espektasi tersebut,” pungkas Ateh. (Joesvicar Iqbal)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03