10 May 2024 - 06:09 6:09

Vaksin Corona Sinovac Sudah Tiba di Indonesia

vaksin corona

WartaPenaNews, Jakarta - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) bersyukur vaksin virus Corona COVID-19 Sinovac asal China tiba di Indonesia Minggu malam. Dia pun berharap vaksin itu bisa aman digunakan dan pendistribusiannya lancar, jauh dari gangguan korupsi.

“Alhamdulillah akhirnya vaksin COVID-19 tiba di Indonesia. Semoga betul betul sudah aman secara medis dan tidak ada korupsi pengadaannya, distribusinya, juga harganya,” tulis HNW di akun Twitter @hnurwahid yang dikutip, Senin 7 Desember 2020.

Politikus PKS ini tetap mengingatkan, meski vaksin sudah tiba, masyarakat tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir.

“Tapi jangan lupa tetap lakukan jurus 3M + doa untuk hindari COVID-19 karena vaksin hanya satu variabel, bukan segala galanya,” cuitnya.

Vaksin virus Corona COVID-19 tiba di Tanah Air pada Minggu malam, 6 Desember 2020. Vaksin buatan Sinovac asal Tiongkok itu dibawa menggunakan pesawat Boeing 777-300ER Garuda Indonesia yang mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng kira-kira pukul 21.30 WIB.

Dalam keterangan pers secara virtual, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah Indonesia pada hari ini telah menerima 1,2 juta dosis vaksin COVID-19. Vaksin Sinovac yang tiba hari ini sebelumnya telah dilakukan uji secara klinis di Bandung, sejak Agustus 2020 yang lalu.

“Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021,” kata Jokowi.

Selain vaksin dalam bentuk jadi, dalam bulan Desember ini juga akan tiba sebanyak 15 juta dosis vaksin dan 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah, yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma.

“Kita amat bersyukur, Alhamdulilah, vaksin sudah tersedia, artinya kita bisa segera mencegah meluasnya wabah COVID-19. Tapi untuk memulai vaksinasi masih memerlukan tahapan-tahapan dari BPOM( Badan Pengawas Obat dan Makanan),” ujarnya. (mus) 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
9 May 2024 - 16:32
Helm Keramat Berusia 2.500 Tahun Ditemukan

WARTAPENANEWS.COM – Helm logam berusia 2.500 ditemukan di situs arkeologi Gomile, Kroasia. Meski ditaksir sudah berumur ribuan tahun, kondisi helm itu masih sangat bagus. Melansir Live Science, Kamis (9/5/2024), para

01
|
9 May 2024 - 16:15
Ilmuwan China Menciptakan Virus Mutan Ebola

WARTAPENANEWS.COM – Ilmuwan China telah merekayasa virus mengandung Ebola di laboratorium. Hasilnya, virus tersebut bisa menimbulkan gejala mengerikan saat menginfeksi dan membunuh hamster. Virus mutan Ebola ini diciptakan oleh para

02
|
9 May 2024 - 15:39
Usai Pesta Miras, Pemuda di Bogor Tusuk Emak-emak

WARTAPENANEWS.COM – Polisi telah menaikkan status hukum pemuda berinisial T yang melakukan penusukan kepada emak-emak di Kota Bogor. Kini, T sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka. "Sudah dinaikan menjadi tersangka," kata

03