26 April 2024 - 19:28 19:28

4 Faktor Pemicu Lemak Perut Terus Bertambah, Apa Saja?

WartaPenaNews, Jakarta – Banyak orang merasa tak percaya diri dengan adanya lemak pada perut atau bagian tubuh lainnya. Bahkan, untuk menghilangkan lemak tersebut, banyak orang yeng rela mendatangi klinik kecantikan untuk sedot lemak atau meniruskan sejumlah bagian tubuh yang berlemak.

Seseorang bisa mencoba cara alami untuk menghilangkan lemak di perut. Misalnya dengan sit-up. Sebab pola makan yang baik dan olahraga selalu menjadi cara yang baik untuk membuang lemak. Namun ada juga hal-hal lain yang mungkin tidak disadari menjadi alasan sulitnya menyingkirkan lemak.

Dilansir dari Pop Sugar, Minggu (24/2), ada empat faktor yang menjadi pemicu lemak perut terus bertambah.

1. Stres
Pakar Kesehatan dari Thrive to Glow Health Coaching, Julie Adams mengatakan stres dapat membuat tubuh dan perut khususnya kelebihan produksi kortisol. Saat stres membuat seseorang menjadi kelaparan. Adams menjelaskan ketika seorang stres, bisa menambah berat badan (terutama di bagian tengah) karena tubuhnya berusaha melindunginya. Untuk mengurangi efek stres, Adams mengatakan tubuh sangat membutuhkan relaksasi dan kebahagiaan.

2. Hormon
Banyak yang terjadi pada tubuh ketika hormon rusak. Salah satunya adalah lemak perut. CEO Finish Fit, Armen Ghazarians, mengatakan salah satu hormon dapat berkontribusi pada timbunan lemak perut khususnya perempuan. Yaitu namanya adalah estrogen.

“Estrogen diproduksi oleh sel-sel lemak, yang menyebabkan produksi lemak. Siklus produksi hormon dan sel lemak inilah yang menyebabkan kenaikan lemak perut,” jelasnya.

Ghazaria menyarankan peningkatan asupan serat, menambahkan brokoli, kol, dan kembang kol setiap hari sebagai asupan, bisa mengatasi lemak di perut

3. Pola Makan
Tidak heran bahwa makanan memainkan peran besar dalam kesehatan usus. Menurut Ghazarians, penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang harus menggunakan patokan makronutrien seperti komposisi karbohidrat 25 persen, protein 40 persen, dan lemak 35 persen. Hal itu akan membantu membakar lemak perut. Ghazaria juga merekomendasikan untuk menjauhi gula atau minuman manis dan mengurangi karbohidrat dalam makanan.

4. Resistensi Insulin
Pakar Nutrisi Antiinflamasi dan Penulis Buku Zone Diet, dr. Barry Sears mengatakan kelebihan lemak perut sebagian bersifat genetik tetapi terutama didorong oleh peningkatan resistensi insulin. Peningkatan resistensi insulin adalah konsekuensi dari peradangan yang mengganggu pensinyalan antara reseptor insulin dan bagian dalam sel.

“Ini menghasilkan visceral (lemak perut) yang disimpan di semua tempat yang salah dan menyebabkan peradangan yang signifikan. Lemak visceral terakumulasi dengan penurunan kadar estrogen. Ketika kadar estrogen menurun, kadar insulin meningkat dan mendorong lemak makanan untuk disimpan dalam sel-sel lemak,” ujarnya.

Sears merekomendasikan untuk mengurangi resistensi insulin yang disebabkan oleh peradangan untuk menghilangkan lemak perut yang berlebihan. Hanya dengan menguranginya, lemak yang disimpan dapat meninggalkan jaringan untuk dibakar sebagai bahan bakar energi. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03