9 May 2024 - 12:57 12:57

10 Anak di Jatim Meninggal Dunia akibat Omicron

wartapenanews.com – Meski diketahui bergejala ringan, namun COVID-19 varian Omicron yang mengenai mereka yang berkomorbid (penyakit penyerta) dapat mengakibatkan kematian. Ini seperti yang dialami sejumlah anak di Jawa Timur.

Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jawa Timur (Jatim), sebulan terakhir terdapat 10 anak yang meninggal terpapar Omicron.

“Tiga minggu yang lalu ada 2 anak yang meninggal, dua minggu lalu ada 6 anak, dan minggu lalu ada 2 anak. Untuk minggu ini datanya belum keluar,” kata Ketua IDAI Jatim dr Sjamsul Arief MARS SpA(K) saat dihubungi Basra, Jumat (11/3).

Sjamsul lantas menuturkan anak-anak yang meninggal tersebut lebih disebabkan pada penyakit utamanya (komorbid).

“Memang datanya mereka positif (Omicron). Hanya saja penyebab utamanya (meninggal) karena penyakit utamanya. Misalnya ada bayi yang meninggal memiliki sesak nafas, kemudian bayi prematur. Mereka meninggal dunia, nah saat di swab positif (Omicron). Jadi mereka itu punya penyakit komplikasi,” jelas Sjamsul.

Sjamsul kembali menegaskan jika anak-anak yang meninggal tersebut sudah memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik akibat penyakit yang dideritanya.

“Sebelum kena (Omicron) memang kondisi kesehatannya sudah kurang ya. Dan kebanyakan berusia bayi,” imbuhnya.

Sementara itu data hingga 28 Februari terdapat 207 anak di Jatim yang terpapar varian Omicron.

Diungkapkan Sjamsul saat ini tren warga yang terpapar Omicron cenderung menurun. Ini seperti yang terjadi di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di Surabaya.

“Trennya menurun. Sebagai gambarannya misalnya di Soetomo (RSUD Dr Soetomo) itu menurun untuk pasien yang terpapar (Omicron). Di RS Haji turun, di Husada Utama juga menurun. Ini untuk keseluruhan pasien ya,” tandasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 14:16
Soal Pelat Polri Fortuner yang Tabrakan di Tol MBZ Berubah Putih, Begini Kata Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Ramai di media sosial soal mobil Toyota Fortuner berpelat nomor Polri --yang kecelakaan Tol MBZ-- berubah menjadi pelat sipil berwarna putih. Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP

01
|
8 May 2024 - 13:31
Saat Latihan Silat, Mahasiswa di Sleman Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Polresta Sleman menampilkan AF (22) pelatih silat yang tewaskan seorang mahasiswa Institut Pertanian Stiper Yogyakarta (Instiper Yogya). Korban yang berinisial IKK meninggal dunia selang beberapa hari setelah latihan

02
|
8 May 2024 - 13:10
Usai Konsumsi Makanan Pencegah Stunting, 42 Balita di Majene Keracunan

WARTAPENANEWS.COM –  Sebanyak 42 balita di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), mengalami keracunan usai mengonsumsi pemberian makanan tambahan (PMT) dari program pencegahan stunting dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

03