8 May 2024 - 15:41 15:41

Emrus: Puan Lebih Pantas dan Cocok Diusung Jadi Capres 2024, Dibanding Ganjar

WartaPenaNews, Jakarta – Puan Maharani dinilai pantas untuk diusung jadi calon presiden dari PDIP dibandingkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Masalah elektabilitas Puan yang masih jeblok bukanlah jaminan karena sewaktu-waktu bisa berubah.

Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai sosok Ketua DPR Puan Maharani bukan hanya sosok terbaik yang dimiliki PDIP,
tapi juga bangsa Indonesia. Sebab rekam jejaknya sangat mendekati sempurna untuk jadi calon presiden.

“Selama Puan menjabat sebagai Menko PMK, tak pernah ada masalah yang muncul. Kemudian kementerian yang jadi koordinator beliau seperti mensos, menkes dan sebagainya enggak ada masalah selama kepemimpinan dia,” kata Emrus dalam keterangannya, Selasa (25/5/2021).

Posisi Puan sebagai ketua DPR RI bukanlah hal yang mudah. Sebab berbagai fraksi dan intrik politik ada di sana. Sebab isi lembaga itu adalah para politisi dengan berbagai karakter sebagai aktor di panggung politik.

“Selama kepemimpinan beliau, ada nggak masalah? Tidak ada itu. Artinya bisa dikoordinir dengan baik dan leadership-nya telah teruji,” kata Emrus.

Baginya, kualitas diri Puan ini yang menjadikannya paling cocok dan pas sebagai calon presiden dibanding Ganjar. Puan memiliki segudang pengalaman untuk berhadapan dengan DPR jika menjadi presiden atau wakil presiden.

Elektabilitas
Terkait dengan elektabilitas Puan yang masih rendah, Emrus mengatakan, masih perlu dipertanyakan. Sebab hasil survei bisa berubah, sangat dinamis dan tidak melakukan pendekatan secara kualitatif tentang sosok tersebut.

“Kalau elektabilitas jadi pegangan kita untuk jadi calon dan dipilih, itu sangat sumir (pendek) karena kita memilih pemimpin yang kuantitatif, bukan kualitatif,” kata Emrus. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 14:16
Soal Pelat Polri Fortuner yang Tabrakan di Tol MBZ Berubah Putih, Begini Kata Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Ramai di media sosial soal mobil Toyota Fortuner berpelat nomor Polri --yang kecelakaan Tol MBZ-- berubah menjadi pelat sipil berwarna putih. Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP

01
|
8 May 2024 - 13:31
Saat Latihan Silat, Mahasiswa di Sleman Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Polresta Sleman menampilkan AF (22) pelatih silat yang tewaskan seorang mahasiswa Institut Pertanian Stiper Yogyakarta (Instiper Yogya). Korban yang berinisial IKK meninggal dunia selang beberapa hari setelah latihan

02
|
8 May 2024 - 13:10
Usai Konsumsi Makanan Pencegah Stunting, 42 Balita di Majene Keracunan

WARTAPENANEWS.COM –  Sebanyak 42 balita di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), mengalami keracunan usai mengonsumsi pemberian makanan tambahan (PMT) dari program pencegahan stunting dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

03