18 May 2024 - 16:50 16:50

Hadapi Pademi Corona, Budaya Bersepeda Harus Dibangkitkan

WartaPenaNews, Jakarta – Pengamat transportrasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno berharap jaringan jalur sepeda dan budaya kaki harus dibangkitkan kembali di masyarakat khususnya untuk perjalanan jarak pendek.

Menurut Djoko, kegiatan bersepeda dan jalan kaki merupakan salah kiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Pengistimewaan menggunakan transportasi umum yang didukung keberadaan jalur sepeda dan pejalan kaki untuk perjalanaan jarak pendek. Bersepeda adalah olah raga sekalian bisa beraktivitas lain,” kata Djoko dalam keterangannya, Minggu (14/6/2020).

Di sisi lain, pemerintah menetapkan Permenhub Nomor 41 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permenhub No 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Tak hanya itu, sejumlah surat edaran direktorat jenderal di lingkungan Kemenhub ikut diterbitkan menyusul terbitnya Permenhub No 41/2020.

“Aturan ini dikeluarkan untuk memastikan masyarakat tetap bisa melakukan aktivitas secara produktif, tetapi aman dari bahaya Covid-19 dan roda perekonomian nasional bisa tetap berjalan,” harap Djoko.

Ia menamhakan, moda transportasi tidak hanya aman, nyaman dan selamat. Akan tetapi harus higienis (sehat dan bersih) dan humanis. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03