27 April 2024 - 07:26 7:26

Hati-hati, Penipuan Gunakan Website Palsu Biar Korbannya Percaya

WartaPenaNews, Jakarta – Empat orang dicokok terkait kasus penipuan dengan menggunakan website palsu mengatasnamakan perusahaan PT Tri Mega Securitas Indonesia tbk. Mereka adalah AW, ND, SB, dan MA yang ditangkap di kawasan Sulawesi Selatan.

“Tanggal 5 Desember lalu Polda Metro Jaya berhasil melakukan pengungkapan pelaku tindak pidana memanipulasi data. Seolah data yang dipalsukan itu otentik dan atau penipuan media elektronik. Jadi dia membuat website-nya mirip sekali dan otentik sekali,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jumat 17 Januari 2020.

Tersangka AW adalah dalang dibalik aksi tersebut. Dia menyediakan sarana dan prasarana yang akan digunakan menipu. Dirinya pun bertugas mengirim pesan singkat secara acak pada calon korban.

Di mana pesan berisi pemberian hadiah. Setelah korban dirasa percaya telah dapat hadiah, AW lantas meminta sejumlah uang guna pencairan hadiah berjalan lebih cepat.

“Tugasnya itu caranya mengirim SMS gateway ke calon korban, dia mengirim SMS gateway secara acak ke calon korban dan membalas pesan-pesan SMS atau WA (WhatsApp) yang ada yang masuk ke nomor HP (handphone) yang sudah disediakan. Kemuduan tugas paling pentingnya ketika orang ditipu ini akan mentransfer uang, dan dialah yang menerima, menarik, dan mentransfer uang di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) jika ada korban yang sudah mentransfer masuk ke rekeningnya yang sudah ditipu itu,” kata Yusri menjelaskan.

Sedangkan tersangka ND berperan mengoperasikan website agar para calon korban yakin kalau hadiah yang akan diberikan bukan tipu daya. ND yang hanya lulusan Sekolah Dasar ini belajar membuat website secara otodidak.

Dua tersangka lain, yaitu SB dan MA hanya berperan menyediakan rekening aktif yang digunakan untuk menampung uang hasil penipuan. Keempat tersangka dijerat Pasal 35 ayat 1 jo Pasal 51 Undang-Undang 19 tahun 2016, dan perubahan UU nomor 11 tahun 2008 tentang ITE ancaman hukum 12 tahun.

“Dia ini orang ahli IT-nya, ahli di media sosial. Dia yang buat website PT Tri Mega Securitas Indonesia, dia yang memalsukan dengan keahliannya tersendiri,” kata dia lagi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03