9 May 2024 - 14:57 14:57

Ini Takaran yang Tepat Konsumsi Buah Ceri Bagi Penderita Asam Urat

WartaPenaNews, Jakarta – Penderita asam urat yang mendapatkan serangan yang menyakitkan baik di sendi kaki atau tangan, harus mengonsumsi buah ceri selama dua hari. Cara ini akan mengurangi serangan asam urat sebanyak 35 persen lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah manis ini.

Temuan dari sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa, risiko serangan asam urat 75 persen lebih rendah. Jika ketika kita makan buah ceri dikombinasikan dengan obat penurun asam urat yang biasa dijual di apotek yaitu allopurinol.

Penelitian sebelumnya melaporkan bahwa 8,3 juta orang dewasa di Amerika Serikat menderita gout. Ini adalah radang sendi inflamasi yang dipicu oleh kristalisasi asam urat di dalam persendian yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan yang menyiksa. Lalu pertanyaannya adalah berapa jumlah buah ceri yang harus dimakan?

Meskipun ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia, pasien asam urat terus dibebani oleh serangan asam urat berulang. Ini mendorong pasien dan peneliti untuk mencari pilihan pencegahan lain seperti salah satunya dengan rutin makan buah ceri.

Dikutip dari NDTV, untuk penelitian khusus ini, Yuqing Zhang, profesor kedokteran dan kesehatan masyarakat di Universitas Boston dan rekannya merekrut 633 pasien asam urat yang diikuti secara online selama satu tahun.

Peserta ditanya tentang tanggal onset gout, gejala, obat-obatan dan faktor risiko, termasuk asupan ekstrak ceri dan ceri dalam dua hari sebelum serangan gout. Satu porsi ceri adalah setara satu setengah cangkir atau 10 hingga 12 ceri, menurut pernyataan Boston.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, mengonsumsi ceri atau ekstrak ceri menurunkan risiko serangan asam urat,” kata Zhang. “Risiko serangan asam urat terus menurun dengan meningkatnya konsumsi ceri, hingga tiga porsi selama dua hari.”

Meskipun kebanyakan diimpor, harga buah ceri masih tidak terlalu mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan rasa sakit akibat asam urat. Maka memakan buah ceri yang rasanya manis, juga baik untuk kita.

Nah, harga buah ceri bervariasi namun pastikan buah yang Anda beli bukan dalam bentuk kalengan atau diawetkan. Ini dikarenakan sudah mengandung gula, yang justru tidak baik untuk penderita asam urat. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 14:16
Soal Pelat Polri Fortuner yang Tabrakan di Tol MBZ Berubah Putih, Begini Kata Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Ramai di media sosial soal mobil Toyota Fortuner berpelat nomor Polri --yang kecelakaan Tol MBZ-- berubah menjadi pelat sipil berwarna putih. Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP

01
|
8 May 2024 - 13:31
Saat Latihan Silat, Mahasiswa di Sleman Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Polresta Sleman menampilkan AF (22) pelatih silat yang tewaskan seorang mahasiswa Institut Pertanian Stiper Yogyakarta (Instiper Yogya). Korban yang berinisial IKK meninggal dunia selang beberapa hari setelah latihan

02
|
8 May 2024 - 13:10
Usai Konsumsi Makanan Pencegah Stunting, 42 Balita di Majene Keracunan

WARTAPENANEWS.COM –  Sebanyak 42 balita di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), mengalami keracunan usai mengonsumsi pemberian makanan tambahan (PMT) dari program pencegahan stunting dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

03