9 May 2024 - 00:42 0:42

Menag Minta Umat Muslim Tak Gelar Takbir Keliling

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta agar umat muslim Indonesia tidak melakukan takbir keliling pada malam hari raya Idul Fitri tahun ini. Hal ini untuk mencegah penularan Covid-19.

“Takbiran cukup dilakukan di masjid atau musala setempat dengan memperhatikan protokol kesehatan atau dilaksanakan secara virtual,” kata Yaqut di Jakarta, Senin, (3/5/2021).

Terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri, Menag hanya memperkenankan dilaksanakan pada daerah zona hijau atau kuning.

Kebijakan ini sudah dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 04 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dia pun berharap, kebijakan ini dapat menjadi panduan bagi perangkat daerah dan aparat keamanan untuk melakukan penindakan, bila mana ada pelanggaran protokol kesehatan.

“Kebijakan ini hanya akan jadi macan kertas bila mana tidak ada penegakkan di lapangan. Karenanya kami berharap kerja sama pemerintah daerah serta aparat keamanan untuk melakukan penindakan bila terjadi pelanggaran,” ujarnya.

Yaqut juga meminta seluruh jajaran Kemenag di daerah, untuk senantiasa melakukan koordinasi dengan Satgas COVID-19 di daerah masing-masing. Upaya ini dilakukan guna memantau penerapan protokol kesehatan pada setiap kegiatan peribadatan yang dilakukan saat lebaran. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 14:16
Soal Pelat Polri Fortuner yang Tabrakan di Tol MBZ Berubah Putih, Begini Kata Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Ramai di media sosial soal mobil Toyota Fortuner berpelat nomor Polri --yang kecelakaan Tol MBZ-- berubah menjadi pelat sipil berwarna putih. Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP

01
|
8 May 2024 - 13:31
Saat Latihan Silat, Mahasiswa di Sleman Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Polresta Sleman menampilkan AF (22) pelatih silat yang tewaskan seorang mahasiswa Institut Pertanian Stiper Yogyakarta (Instiper Yogya). Korban yang berinisial IKK meninggal dunia selang beberapa hari setelah latihan

02
|
8 May 2024 - 13:10
Usai Konsumsi Makanan Pencegah Stunting, 42 Balita di Majene Keracunan

WARTAPENANEWS.COM –  Sebanyak 42 balita di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), mengalami keracunan usai mengonsumsi pemberian makanan tambahan (PMT) dari program pencegahan stunting dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

03