18 May 2024 - 16:50 16:50

Pemkot Jaksel Salurkan 138 Kambing dan 134 Sapi ke Masyarakat Membutuhkan

IPOL.ID – Bertepatan pada Jumat berkah di Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) melaksanakan kurban sebanyak ratusan ekor hewan sapi dan kambing kepada warga Jakarta yang membutuhkan.

Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin mengatakan, pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, ada sebanyak 138 ekor kambing dan domba serta 134 ekor sapi yang disalurkan Pemkot Jakarta Selatan.

Dalam rinciannya, dari sebanyak 134 ekor sapi, sebanyak 82 ekor sapi disebar ke 65 kelurahan dan 10 kecamatan di wilayah Jaksel.

Sisanya sebanyak 52 ekor sapi disembelih di Masjid Darul Jannah, Kantor Wali Kota Jakarta Selatan pada Jumat (30/6) pagi-siang.

“InsyaAllah kurban tahun ini berkah, semuanya tersalurkan ke warga sampai ke kecamatan dan kelurahan. Begitu pun dengan penyaluran daging kurban kambing dan domba,” tutur Munjirin didampingi Sekretaris Kota Jaksel, Ali Murthado saat meninjau prosesi penyembelihan hewan kurban di Masjid Darul Jannah, Kantor Wali Kota Jakarta Selatan pada Jumat (30/6) siang.

Selain daging sapi dibagikan, pihaknya juga menyalurkan sebanyak 80 ekor dari 138 ekor kambing dan domba ke seluruh kelurahan dan kecamatan. Sementara sisanya sebanyak 58 ekor kambing dan domba disembelih di Masjid Darul Jannah, Kantor Pemkot Jakarta Selatan pada Jumat ini.

Munjirin menjelaskan, hewan kurban yang disembelih di Masjid Darul Jannah bakal disalurkan kepada warga sekitar yang membutuhkan dan ratusan Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (pegawai kontrak) Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Kemudian daging-daging hewan kurban yang dikemas menggunakan bongsang (keranjang anyaman bambu) beralaskan daun jati itu akan disalurkan ke sejumlah pondok pesantren, rumah tahfidz dan panti asuhan serta masjid.

“Daging-daging kurban juga akan kami salurkan kepada warga korban kebakaran di Pela Mampang dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni),” ucap Munjirin.

“Mudah-mudahan semua kebaikan yang kita lakukan hari ini menjadi berkah, Jumat berkah, menjadi amal jariyah bagi kita semua,” tambah dia berharap.

Dalam kesempatan sama, Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Jakarta Selatan, Sayid Ali menambahkan, proses penyembelihan ratusan hewan kurban tersebut dibantu PJLP Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Dengan menggunakan peralatan khusus, yakni kandang besi yang dilengkapi dengan sistem katrol, tim jagal berhasil menyembelih sebanyak 52 ekor sapi hanya dalam waktu kurang dari 8 jam.

Sapi-sapi itu direbahkan di atas lubang khusus, sehingga darah dan kotoran tidak berceceran.

Sementara itu, 58 ekor kambing dan domba yang disembelih langsung dikuliti di tiang-tiang besi. Selanjutnya, hewan kurban yang disembelih di sisi selatan Masjid Darul Jannah itu di bawa ke ruang serbaguna masjid. Di sana, petugas memotong dan mengemas daging ke dalam bongsang.

“Dari semua hewan kurban yang disembelih di sini totalnya jadi 2.500 bongsang. Bongsang-bongsang itu sengaja kita pakai untuk mengurangi pemakaian plastik, sehingga ramah lingkungan,” ungkap Ali.

Ali pun mengapresiasi kepada masyarakat maupun pihak swasta yang telah mempercayakan Pemkot Jaksel untuk menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat.

Dirinya berharap keikhlasan dan pengorbanan dapat membawa berkah bagi masyarakat.

“Atas nama Pemkot Jaksel kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan diberikan. Kami berharap momen itu adapat menginspirasi, dan akan semakin banyak lagi masyarakat yang berkurban tahun depan,” pungkas Ali. (Joesvicar Iqbal)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03