18 May 2024 - 21:07 21:07

Sugiyanto Laporkan William PSI ke BK DPRD

WartaPenaNews, Jakarta – Satu orang masyarakat bernama Sugiyanto melaporkan William Aditya Fasilitas ke Badan Kehormatan DPRD DKI Jakarta, Senin (5/11). Anggota Fraksi PSI itu diadukan karena ungkap saran budget pembelian lem Aica Aibon sejumlah Rp 82,8 miliar.

Sugiyanto menunjuk William melanggar Ketentuan DPRD DKI Jakarta Nomor 1 tahun 2014 tentang Tata Teratur DPRD DKI Jakarta. “Sikap yang berkaitan dengan mengungkapkan pada komunitas tidak sah justru memunculkan pendapat negatif pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang seakan-akan dianggap tidak transparan,” sebut Sugiyanto di ruang Badan Kehormatan Dewan.

Menurut dia, dengan mengupload dokumen Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sesaat (KUA-PPAS) ke sosial media, William sudah melanggar kaidah. Masalahnya dokumen itu belum diulas dalam komunitas sah di antara eksekutif dengan legislatif.

Jadi anggota dewan, lanjut ia, William memiliki hak menanyakan pada partner kerjanya Pemprov DKI Jakarta. Semestinya wewenang itu digunakan di komunitas rapat komisi atau badan budget (banggar).

Ia menambahkan, karena Tata Teratur DPRD yang baru belum disahkan dalam rapat pleno, BK dapat menggunakan Ketentuan DPRD Propinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2014 Mengenai Tata Teratur Dewan Perwakilan Rakyat Wilayah Propinsi Wilayah Spesial Ibukota Jakarta.

Dalam klausal 27 ayat (1) peraturan itu disebut jika setiap anggota DPRD memiliki hak ajukan saran dan opini baik dalam rapat. Sedangkan pada ayat (2) ditekankan, saran dan opini disampaikan dengan memerhatikan tata krama, norma, kepribadian, sopan santun dan kepatuhan sesuai kaidah DPRD.

Ketua Badan Kehormatan DPRD DKI Jakarta Achmad Nawawi mengatakan faksinya selalu siap terima pengaduan-pengaduan warga. Terhitung yang melaporkan tindakan yang dianggap melanggar norma.

“Surat kami terima, esok kami rapat anggota, dan surat ini akan kami lempar pada semua anggota. Sekarang-kurangnya untuk bahan diskusi anggota. Hasilnya seperti apa, silakan nantikan setelah kami rapat,” kata Achmad. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03