30 Januari 2023 - 16:05 16:05
728x90

Tak Hanya untuk Bumbu Dapur, Ini Khasiat Lain Daun Salam

WartaPenaNews, Jakarta – Daun salam ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu dapur penyedap masakan. Sejak dulu, daun salam juga dipercaya untuk mengobati berbagai penyakit.

Kandungan vitamin A dan C bersama dengan asam folat serta berbagai mineral membuat daun salam kaya nutrisi. Dilansir dari NDTV, berikut khasiat daun salam untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan fungsi pencernaan
Daun salam memiliki efek kuat pada sistem pencernaan. Sehingga membantu mengurangi toksisitas tubuh dan membuatnya berfungsi dengan baik. Senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam efektif untuk mengatasi sakit perut dan menenangkan sindrom iritasi usus besar (IBS). Enzim unik hadir dalam daun ini menyehatkan pencernaan.

2. Ramah jantung
Senyawa organik termasuk asam caffeic yang ditemukan di daun salam meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan itu memperkuat dinding kapiler di jantung dan selanjutnya menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

3. Baik bagi penyandang diabetes
Menurut Journal of Clinical Biokimia dan Nutrisi, 1-3 gram daun salam per hari selama 30 hari bisa membuat penurunan glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida. Daun salam bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi insulin, yang merupakan keuntungan bagi penderita diabetes.

4. Atasi stres
Untuk mengelola stres dengan lebih baik, tambahkan daun salam ke dalam menu harian. Kehadiran linalool dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh. Daun ini menenangkan diri dan memerangi gejala depresi.

5. Melindungi Tubuh Dari Peradangan
Salah satu manfaat terpenting daun salam adalah memiliki sifat antiinflamasi. Berkat kehadiran phyto-nutrisi unik yang disebut parthenolide dapat mengurangi peradangan secara signifikan. Salah satunya radang sendi.

6. Penyembuh Luka Alami
Menurut BMC Complementary dan Pengobatan Alternatif, daun salam memiliki sifat antimikroba yang menyembuhkan luka. Luka ringan bisa disembuhkan dengan daun salam. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03