19 May 2024 - 12:35 12:35

Utang Pinjol Rp16 Juta, Pemuda di Jakarta Timur Nekat Rampok Indomaret di Jatinegara

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Dhimas Prasetyo dan anggota polisi sedang mengecek barang bukti ungkapan kasus perampokan minimarket di Mapolres Metro Jakarta Timur, Jumat (19/5). Foto: Joesvicar Iqbal/ipol.id

IPOL.ID – Lantaran berutang sebesar Rp16 juta pada bank keliling pinjaman online (Pinjol). Seorang pemuda nekat melakukan aksi perampokan di minimarket di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Pelaku Satria Dwi Pambudi, 22, kini telah diamankan polisi.

Satria diringkus usai aksinya berupaya melakukan perampokan pada gerai minimarket Indomaret di Jl. Jenderal Basuki Rachmat, Balimester, Jatinegara pada 13 Mei 2023 malam lalu digagalkan.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan, kejadian berawal saat tersangka Satria menyiramkan bensin dalam botol air mineral kepada pegawai minimarket.

“Setelahnya tersangka mengambil korek api, dipegang di tangan kiri serta tangan kanan memegang golok sambil diacungkan kepada penjaga toko,” ujar Kombes Leonardus pada wartawan, Jumat (19/5).

Saat beraksi itu, dengan ancamannya jika tidak menyerahkan seluruh uang hasil keuntungan dagang minimarket hari itu. Maka pelaku mengancam bakal menyiram bensin kepada tubuh tiga pegawai minimarket yang sedang berjaga.

Hingga diduga pelaku menyiram bensin yang dibawanya ke para pegawai minimarket itu. Panik dengan siraman bensin dan ancaman pelaku yang hendak menyulut api, ketiga pegawai minimarket berinisial I, A, dan P berupaya menyelamatkan diri ke dalam kamar mandi.

Namun Satria berupaya mengejar ketiga korban, bahkan mendobrak pintu kamar mandi sehingga para pegawai minimarket tersebut kian panik berteriak meminta pertolongan.

“Seorang saksi (pegawai minimarket) berhasil mengendap-ngendap untuk meminta tolong ke warga. Tersangka dapat dilumpuhkan warga sekitar dan dibantu kepolisian,” ungkap Leonardus.

Satria sempat diamuk massa yang kesal dengan ulahnya hingga pelaku diamankan ke Mapolres Metro Jakarta Timur untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kepada penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur, Satria mengaku berupaya melakukan perampokan karena gelap mata terlilit utang pinjaman online (Pinjol) sebesar Rp16 juta.

“Baru satu kali (pelaku merampok), karena terjerat pinjol. Utangnya Rp16 juta, utang untuk kebutuhan keluarga,” tukas Satria yang diamankan dengan barang bukti botol mineral berisi bensin dan sebilah golok.

Atas perbuatannya Satria disangkakan Pasal 53 KUHP tentang percobaan tindak pidana, juncto Pasal 365 KUHP tentang Pencurian Disertai Kekerasan, juncto Undang-Undang (UU) Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

Kini tersangka Satria harus meringkuk di sel tahanan Mapolres Metro Jakarta Timur untuk mempertanggungjawabkan ulahnya melakukan percobaan merampok minimarket itu. (Joesvicar Iqbal)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03