19 May 2024 - 15:48 15:48

Viral Rumah Kosong Dibobol Spesialis Pencuri di Pasar Minggu, Polisi Tangkap Pelaku di Karawang

Jajaran Polres Metro Jakarta Selatan dipimpin Kasat Reskrim, AKBP Irwandhy Idrus melakukan ungkap kasus pencurian rumah kosong di kawasan Pasar Minggu, sejumlah barang bukti disita berupa jaket hingga teralis yang dibobol spesialis pelaku pencurian berinisial S, Senin (22/5) siang. Foto: Joesvicar Iqbal/ipol.id

IPOL.ID – Pelaku spesialis pencurian rumah kosong berinisial S yang sudah melakukan aksinya empat kali di Jakarta Selatan dan sekitarnya dibekuk polisi, Senin (22/5).

Pada aksi terakhirnya tanggal 9 April 2023 sempat viral di media sosial. Pelaku berhasil menggasak barang-barang berharga senilai Rp90 juta di rumah kosong yang ditinggal pergi penghuninya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Kami berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan, pencurian rumah kosong di Pasar Minggu dengan pelaku 1 orang berinisial S, dia diamankan di kawasan Karawang, Jawa Barat. Profesinya dia sebagai pedagang,” kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Irwandhy Idrus, Senin (22/5).

Dia mengatakan, pelaku telah melakukan aksi pencuriannya sebanyak 4 kali selama 6 bulan terakhir dengan lokasi berbeda-beda di kawasan Jakarta Selatan dan sekitarnya.

Hingga aksi pelaku melakukan pencurian rumah kosong di kawasan Pasar Minggu terekam kamera CCTV di rumah korbannya.

“File dan posisi CCTV di rumah korban sangat baik sehingga penyidik bisa melakukan analisa digital pada pelaku. Lalu, pada Kamis kemarin kami berhasil menangkap pelaku, pelaku ini melakukan aksinya selalu sendirian dan mengenakan jaket,” ungkapnya.

Dia menerangkan, berdasarkan lokasi terakhir, pelaku memasuki rumah kosong dengan cara mencongkel jendela dan teralis rumah korbannya hingga akhirnya memasuki rumah serta mengambil barang-barang yang menurut pelaku bisa dijual.

Namun sebelum memasuki rumah korbannya, pelaku lebih dahulu memastikan rumah targetnya itu dalam kondisi kosong tak berpenghuni. Hingga mengetuk pintu rumah yang menjadi sasarannya.

“Pagi itu pelaku biasanya berdagang dahulu, siangnya dia berkeliling mencari target (secara acak) mana yang paling cocok, saat ada rumah yang dirasa bisa dijadikan target, dia mencoba mengamati dengan mondar-mandir, lalu turun (dari motor) dan ketok lagi, baru saat yakin (tak berpenghuni) berbekal obeng dia congkel jendela dan teralis,” terang Kasat.

Irwandhy menegaskan, rumah yang dijadikan targetnya itu biasanya dalam kondisi sepi tak berpenghuni dan pagarnya tidak terkunci.

“Barang hasil curian dijual tuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pelaku melakukan aksinya sendirian, mengaku sudah 4 kali beraksi. Namun kami masih kembangkan lebih lanjut lokasi mana saja yang sudah disatroni karena dia tak bisa secara eksplisit memberi tahu lokasinya dimana saja,” tukasnya.

Barang berharga yang dicuri berupa laptop, macbook, kamera Sony, liontin emas 2,1 gram, cincin emas berlian, jam tangan, 2 jam tangan bermerk, dengan total kerugian korban mencapai Rp90 juta.

Sementara, barang bukti kejahatan berupa jaket warna hijau tua, celana jeans, obeng, tang dan satu unit motor warna merah Yamaha Nmax B 3774 PXN yang digunakan pelaku saat melakukan kejahatan kini diamankan.

Sementara itu, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. “Ancaman hukumannya ini 7 tahun penjara,” tegas Kasat. (Joesvicar Iqbal)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03