26 May 2024 - 04:42 4:42

Yuk, Mengenal Jenis Cokelat dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Yuk, Mengenal Jenis Cokelat dan Manfaatnya Bagi Tubuh

WartaPenaNews, Jakarta – Di pasaran diproduksi tiga varian cokelat yang terdiri dari dark chocolate mengandung cokelat murni tanpa tambahan atau menggunakan susu; milk chocolate, mengandung cokelat murni dan susu; dan white chocolate mengandung lemak cokelat, gula, susu, pengembang, vanila, dan perasa.

Menurut ahli nutrisi dari MND Nutrition Specialist Leona Victoria Djajadi, cokelat mengandung ratusan senyawa alami yang beberapa diantaranya berkhasiat buat tubuh seperti flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Berguna menangkal radikal bebas dalam tubuh penyebab kanker.

Selain memperlambat proses penuaan. “Boleh dibilang fungsi cokelat sebagai antioksidan alami.

Leona Victoria Djajadi

Bahkan makanan yang menjadi favorit masyarakat ini berfungsi meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak, berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Membuat tubuh lebih segar dan terjaga karena kandungan kafein. “Cokelat juga mampu mengembalikan mood serta memberi rasa bahagia,” kata Ibu yang memilih dark chocolate sebagai varian snacking anaknya.

Agar memberikan rasa aman dan nyaman, ikuti tips berikut:

1. Teliti dalam memilih produk cokelat, baca label komposisi bahan yang digunakan. Cokelat berkualitas kandungan cokelatnya harus lebih banyak dari bahan tambahan seperti gula dan lemak. Berkisar 70 – 90 cokelat murni. Rasanya dominan pahit karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Bisa ditemukan pada varian dark chocolate atau cokelat bewarna gelap.

2. Biasakan membaca takaran saji per porsi. Jangan ragu untuk memberikan porsi seperempat atau setengah jika kemasan yang dibeli dalam ukuran jumbo. Pembatasan konsumsi sesuai anjuran untuk mencegah dampak negatif dari konsumsi cokelat berlebih.

3. Untuk mengurangi kadar pahit yang kurang disukai anak, olah cokelat dalam berbagai sajian favorit anak seperti cup cake, mousse, atau saus fondue. Tambahkan dengan bahan pangan lain yang menyempurnakan nutrisi cokelat.

4. Variasikan pemberian cokelat dari berbagai macam varian. Selain mengurangi rasa bosan, anak dapat mengenal berbagai sajian berbahan cokelat yang lezat.

5. Cokelat bisa diberikan kepada anak usia 3 tahun dengan pengaturan jam makan yang tepat. Ini untuk mengantisipasi ketergantungan anak akan rasa manis cokelat. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03