8 May 2024 - 15:47 15:47

Buntut Ujaran Kebencian dan SARA, Senator Bali Arya Wedakarna Resmi Dipecat

WARTAPENANEWS.COM – Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti menyatakan bahwa Badan Kehormatan (BK) DPD resmi memecat senator asal Bali, Arya Wedakarna, buntut dari pelanggaran etik terkait dugaan ujaran kebencian yang mengandung SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) saat pertemuannya dengan pihak Bea Cukai Bandara Ngurah Rai Bali beberapa waktu lalu.

“Sah, sudah di paripurna hari ini, sah, sah,” kata La Nyalla di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, (2/2/2024).

La Nyalla mengatakan Arya telah berulah, sehingga BK DPD mengambil sikap tegas karena menanganggap dirinya sudah terbukti melanggar etik. “AWK ini sudah banyak (kasusnya), berapa kali ya, empat kali ya. Sudah diampuni-diampuni, nah ini menyangkut umat agama,” jelasnya.

Selanjutnya, tutur dia, keputusan BK DPD ini pun akan diteruskan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi)untuk kemudian diresmikan. Ia juga menyebut bahwa pihaknya akan mengikuti arahan Presiden untuk menentukan siapa pengganti Arya. “Tinggal nanti kita ajukan ke presiden. Nanti bagaimana dengan presiden,” ucapnya.

Sebelumnya, BK DPD RI mengakui ada pelanggaran kode etik oleh Arya Wedakarna, namun hal ini belum dapat disampaikan, bahkan di luar kasus dugaan ujaran kebencian yang mengandung SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) saat pertemuannya dengan pihak Bea Cukai Bandara Ngurah Rai Bali, muncul lagi kasus lain yang beredar di media sosial.

Dugaan pelanggaran itu seperti beredarnya video AWK ketika memarahi guru di salah satu sekolah di Kota Denpasar saat kedapatan menghukum siswa yang datang terlambat. “Sebenarnya itu kalau sekolah masuknya ke Komite III, ini sepertinya sudah meloncat. Tidak boleh itu melewati kapasitas seolah-olah sakti mantra guna, ya jadi tidak etis kalimat-kalimat keras. Sebenarnya kan ini banyak tapi kita fokuskan tuntutan yang lagi viral ini masalah yang di Bea Cukai,” kata dia.

Dalam proses pemeriksaan ini, BK DPD RI telah mengumpulkan pernyataan dan bukti-bukti dari tiga elemen tersebut, harapannya dapat memutuskan persoalan yang terjadi dan diperbincangkan di media sosial sejak awal tahun itu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 14:16
Soal Pelat Polri Fortuner yang Tabrakan di Tol MBZ Berubah Putih, Begini Kata Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Ramai di media sosial soal mobil Toyota Fortuner berpelat nomor Polri --yang kecelakaan Tol MBZ-- berubah menjadi pelat sipil berwarna putih. Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP

01
|
8 May 2024 - 13:31
Saat Latihan Silat, Mahasiswa di Sleman Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Polresta Sleman menampilkan AF (22) pelatih silat yang tewaskan seorang mahasiswa Institut Pertanian Stiper Yogyakarta (Instiper Yogya). Korban yang berinisial IKK meninggal dunia selang beberapa hari setelah latihan

02
|
8 May 2024 - 13:10
Usai Konsumsi Makanan Pencegah Stunting, 42 Balita di Majene Keracunan

WARTAPENANEWS.COM –  Sebanyak 42 balita di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), mengalami keracunan usai mengonsumsi pemberian makanan tambahan (PMT) dari program pencegahan stunting dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

03