8 May 2024 - 15:58 15:58

Di Masa Pandemi, Pemerintah Akan Dorong Pengembangan Wisata Bernilai Tambah

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pemerintah tengah mendorong pengembangan produk wisata bernilai tambah, seperti MICE, wisata olahraga, event nusantara, bangga berwisata di Indonesia, dan work from Bali dan destinasi lainnya.

Sementara itu, untuk mendorong pemulihan permintaan internasional pemerintah sedang mengupayakan pemulihan permintaan internasional melalui uji coba rute dan zona prioritas destinasi aman berwisata, melakukan penyesuaian regulasi visa dan perjalanan Internasional, dan memberikan asuransi perjalanan wisata, termasuk Covid-19.

“Di masa pandemi ini merupakan sebuah tantangan untuk mendorong sektor pariwisata agar tetap bertahan. Oleh karena itu, pemerintah berupaya untuk menjaga keberlangsungan sektor ini, sehingga setelah masa pandemi usai dapat segara kembali bangkit,” jelas Sandi selaku keynote speaker pada acara webinar dengan tema “Menata Wisata Daerah Menuju Pemulihan”, Selasa (29/6/2021).

Pemerintah juga mendorong bidding internasional untuk MICE dan Event. Kemudian, untuk memberikan preferensi bagi wisatawan lokal di masa pandemi, Pemerintah mendorong tiga bentuk model travelling baru, yaitu workcation, yakni destinasi dimana wisatawan dapat tetap bekerja, safecation, yaitu destinasi yang aman, dan staycation, yakni destinasi yang pendek jaraknya.

“Pemerintah juga mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan Desa Wisata sebagai lokomotif baru perekonomian daerah. Beberapa program yang sedang dilakukan adalah pemberian sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan, dan profiling dan pendampingan 244 Desa Wisata menjadi Desa Wisata Mandiri,” jelas Sandi. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 14:16
Soal Pelat Polri Fortuner yang Tabrakan di Tol MBZ Berubah Putih, Begini Kata Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Ramai di media sosial soal mobil Toyota Fortuner berpelat nomor Polri --yang kecelakaan Tol MBZ-- berubah menjadi pelat sipil berwarna putih. Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP

01
|
8 May 2024 - 13:31
Saat Latihan Silat, Mahasiswa di Sleman Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Polresta Sleman menampilkan AF (22) pelatih silat yang tewaskan seorang mahasiswa Institut Pertanian Stiper Yogyakarta (Instiper Yogya). Korban yang berinisial IKK meninggal dunia selang beberapa hari setelah latihan

02
|
8 May 2024 - 13:10
Usai Konsumsi Makanan Pencegah Stunting, 42 Balita di Majene Keracunan

WARTAPENANEWS.COM –  Sebanyak 42 balita di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), mengalami keracunan usai mengonsumsi pemberian makanan tambahan (PMT) dari program pencegahan stunting dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

03