9 May 2024 - 02:01 2:01

Ditjen PAS Targetkan Masalah Kelebihan Masa Tinggal di Rutan dan Lapas Tuntas Awal 2020

WartaPenaNews, Jakarta – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menargetkan permasalahan “overstay” atau kelebihan masa tinggal di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) se-Indonesia tuntas pada awal 2020.

“31 Desember 2019 masalah overstaying kita targetkan selesai. 1 Januari 2020 tidak ada lagi overstaying,” ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (28/11).

Sri mengatakan pihaknya tidak akan melakukan penahanan seseorang tanpa syarat administrasi dan masa penahanan yang jelas.

“Mohon maaf, demi penegakan hukum kami akan keluarkan dari rutan atau lapas” ujar dia.

Untuk mendukung hal tersebut, Sri telah memerintahkan para Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) untuk berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya terkait administrasi dan kejelasan masa penahanan yang ditempatkan di lapas dan rutan se-Indonesia.

Dia mengatakan penanganan “overstay di lapas dan rutan memerlukan dukungan dari semua pihak penegak hukum yang terlibat untuk terus berkoordinasi terkait masa penahanan, khususnya instansi yang memiliki tahanan yang dititipkan dan ditempatkan di lapas ataupun rutan.

“Penting mengedepankan koordinasi dalam penanganan overstay untuk menghindari penyalahgunaan wewenang dalam proses penegakan hukum,” kata dia.

Untuk diketahui, angka “overstay” akibat persoalan administrasi peradilan yang tidak efektif terkait masa penahanan di lapas dan rutan yang pada Januari 2019 mencapai 29.591 orang, berhasil ditekan oleh Ditjen PAS hingga menjadi hanya 6.153 orang. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 14:16
Soal Pelat Polri Fortuner yang Tabrakan di Tol MBZ Berubah Putih, Begini Kata Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Ramai di media sosial soal mobil Toyota Fortuner berpelat nomor Polri --yang kecelakaan Tol MBZ-- berubah menjadi pelat sipil berwarna putih. Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP

01
|
8 May 2024 - 13:31
Saat Latihan Silat, Mahasiswa di Sleman Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Polresta Sleman menampilkan AF (22) pelatih silat yang tewaskan seorang mahasiswa Institut Pertanian Stiper Yogyakarta (Instiper Yogya). Korban yang berinisial IKK meninggal dunia selang beberapa hari setelah latihan

02
|
8 May 2024 - 13:10
Usai Konsumsi Makanan Pencegah Stunting, 42 Balita di Majene Keracunan

WARTAPENANEWS.COM –  Sebanyak 42 balita di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), mengalami keracunan usai mengonsumsi pemberian makanan tambahan (PMT) dari program pencegahan stunting dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

03