3 Februari 2023 - 13:19 13:19

Kebanyakan Tidur, 6 Masalah Kesehatan Ini Bisa Timbul

WartaPenaNews, Jakarta – Setiap orang tahu bahwa jika ingin sehat, salah satunya caranya adalah memenuhi porsi tidur selama 8 jam. Namun patokan sehat tidak hanya sekedar menjaga jam tidur, tetapi tidur yang teratur.

Istirahat memang penting, tetapi ada orang yang justru tidur lebih lama dari waktu idealnya. Apalagi ketika seseorang ingin memuaskan diri untuk tidur lebih lama saat libur dan akhir pekan.

Ternyata tidur terlalu banyak dapat mempengaruhi kesehatan. Berikut 6 alasan ilmiah mengapa tidak boleh tidur lebih lama, dilansir dari Dprotexers, Selasa (2/1).

1. Masalah Berat Badan
Studi menunjukkan bahwa periode tidur pendek dan panjang berhubungan dengan diabetes dan obesitas. Dokter mengklaim bahwa orang yang tidur lama, ia menjadi kurang bergerak sehingga dapat membuat berat badan menjadi naik. Karena orang bangun terlambat tidak punya waktu untuk kegiatan fisik.

2. Depresi
Tidur panjang menyebabkan keputusasaan dan kelelahan. Semakin banyak tidur dan enggan meninggalkan tempat tidur di pagi hari, bisa membuat Anda tidak bersemangat. Jika terus menerus, gejala-gejala ini bisa berujung pada depresi.

3. Penyakit Jantung
Jika Anda tidur terlalu lama, bukan hanya kehilangan waktu berharga. Tetapi Anda juga bisa memiliki masalah penyakit jantung. Saat ini, masalah jantung adalah salah satu penyebab paling umum kematian. Tidur lebih dari 8 jam akan meningkatkan peluang Anda meninggal akibat serangan jantung sebesar 34 persen.

4. Sakit Kepala
Kurang tidur menyebabkan sakit kepala, begitupun ketika seseorang tidur terlalu lama. Hal ini dikarenakan, tidur berlebihan memengaruhi neurotransmitter di otak dan tingkat serotonin.

5. Masalah Memori
Menurut sebuah penelitian, tidur panjang mempengaruhi kerja otak. Terlebih lagi, jika Anda biasanya bangun di malam hari, Anda mungkin tidak cukup tidur nyenyak sehingga Anda bangun. Hal ini mempengaruhi fungsi kognitif otak dan kemampuan untuk berkonsentrasi serta mengingat secara detail.

6. Insomnia
Ini mungkin terdengar mengejutkan tetapi kadang-kadang insomnia disebabkan oleh kebiasaan tidak sehat seperti dari aktivitas dan tidur. Misalnya, jika Anda begadang di depan komputer dan memutuskan untuk tidur lebih lama di hari berikutnya, Anda dapat menderita insomnia saat malam harinya karena aktifitas tubuh yang kacau. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Wowon Erawan Tega Membunuh Anaknya, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03