19 May 2024 - 23:57 23:57

Kebanyakan Tidur, 6 Masalah Kesehatan Ini Bisa Timbul

WartaPenaNews, Jakarta – Setiap orang tahu bahwa jika ingin sehat, salah satunya caranya adalah memenuhi porsi tidur selama 8 jam. Namun patokan sehat tidak hanya sekedar menjaga jam tidur, tetapi tidur yang teratur.

Istirahat memang penting, tetapi ada orang yang justru tidur lebih lama dari waktu idealnya. Apalagi ketika seseorang ingin memuaskan diri untuk tidur lebih lama saat libur dan akhir pekan.

Ternyata tidur terlalu banyak dapat mempengaruhi kesehatan. Berikut 6 alasan ilmiah mengapa tidak boleh tidur lebih lama, dilansir dari Dprotexers, Selasa (2/1).

1. Masalah Berat Badan
Studi menunjukkan bahwa periode tidur pendek dan panjang berhubungan dengan diabetes dan obesitas. Dokter mengklaim bahwa orang yang tidur lama, ia menjadi kurang bergerak sehingga dapat membuat berat badan menjadi naik. Karena orang bangun terlambat tidak punya waktu untuk kegiatan fisik.

2. Depresi
Tidur panjang menyebabkan keputusasaan dan kelelahan. Semakin banyak tidur dan enggan meninggalkan tempat tidur di pagi hari, bisa membuat Anda tidak bersemangat. Jika terus menerus, gejala-gejala ini bisa berujung pada depresi.

3. Penyakit Jantung
Jika Anda tidur terlalu lama, bukan hanya kehilangan waktu berharga. Tetapi Anda juga bisa memiliki masalah penyakit jantung. Saat ini, masalah jantung adalah salah satu penyebab paling umum kematian. Tidur lebih dari 8 jam akan meningkatkan peluang Anda meninggal akibat serangan jantung sebesar 34 persen.

4. Sakit Kepala
Kurang tidur menyebabkan sakit kepala, begitupun ketika seseorang tidur terlalu lama. Hal ini dikarenakan, tidur berlebihan memengaruhi neurotransmitter di otak dan tingkat serotonin.

5. Masalah Memori
Menurut sebuah penelitian, tidur panjang mempengaruhi kerja otak. Terlebih lagi, jika Anda biasanya bangun di malam hari, Anda mungkin tidak cukup tidur nyenyak sehingga Anda bangun. Hal ini mempengaruhi fungsi kognitif otak dan kemampuan untuk berkonsentrasi serta mengingat secara detail.

6. Insomnia
Ini mungkin terdengar mengejutkan tetapi kadang-kadang insomnia disebabkan oleh kebiasaan tidak sehat seperti dari aktivitas dan tidur. Misalnya, jika Anda begadang di depan komputer dan memutuskan untuk tidur lebih lama di hari berikutnya, Anda dapat menderita insomnia saat malam harinya karena aktifitas tubuh yang kacau. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03